Cara Mengatasi Handphone Restart Sendiri

Apakah kamu pernah mengalami kejadian handphone yang sedang dipakai tiba-tiba restart sendiri? Kejadian handphone hang atau error ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal.

Pertama mungkin disebabkan kondisi hardware handphone yang tidak berfungsi baik dan kedua mungkin diakibatkan oleh software atau operating system yang tidak berjalan dengan normal.

Untuk mengatasi hal ini langkah pertama yang dilakukan adalah dengan reset software ke factory default atau mengembalikan ke setting awal. Untuk ponsel Nokia pada umumnya mempunyai kode PIN 12345 untuk mereset ponsel. Apabila hal tersebut tidak membawa perubahan alias handphone masih sering restart sendiri lakukan dengan flashing yaitu menginstall ulang sistem operasi pada handphone.

Jika kamu tidak mempunyai peralatan dan pengetahuan yang cukup dalam proses flashing  bawalah handphone tersebut ke service center resmi yang bergaransi. Jangan korbankan handphone kesayangan kamu nanti malah mati total jika di flashing pada counter yang tidak terpercaya.


HTC VC



Agar kejadian handphone yang sering restart sendiri, lakukan perawatan rutin pada handphone kamu dengan cara mudah seperti ini:
  1. Bersihkan konektor pada SIM Card, konektor yang kotor dan berdebu akan mempengaruhi  proses kecepatan transfer data antar SIM Card dan ponsel.
  2. Bersihkan konektor pada baterai , konektor yang kotor dan berdebu akan mempengaruhi aliran arus listrik yang mengakibatkan ponsel kurang tenaga sehingga kinerja ponsel kurang sempurna.

Gambar- 1. Konektor SIM card


 Gambar – 2.  Konektor baterai





24 komentar

No Spam, No Sara, No Offensif, No Promosi, No Live Link!
  1. hp saya nokia 5220 expres musik kalau digunakan untuk menghapus mati sendiri tolong solusi nya

    BalasHapus
  2. keren bang infonya, bermanpaat bangeeeet.

    BalasHapus
  3. haduh tlongin ane gan,hp ane sering restar kalo lagi di pake browsing,download dll ada trik yg lbih ampuh ga Sllain trik-trik di atas!? Hp ane SE W880i.

    BalasHapus
  4. Anonim12.10.12

    semua hape walaupun baru pasti pernah restart,kalo restart umumnya karena software ngaco dan tidak usah khawatir,karena aplikasi yang gak jelas.yang umum penyebabnya ya itu,solusinya adalah master reset atau coba ganti memory micronya ama yang lain.kalo yang di takutkan itu perangkat kerasnya yang rusak,itu baru boleh panas dingin.

    BalasHapus
  5. untuk nokia 5220 ni gamana omm????

    BalasHapus
  6. sama,hp ane juga gitu egg,gmana yyyeee????

    BalasHapus
  7. Ane punya solusi terbaik buat hape yang suka restart sendiri dan mati secara mendadak, padahal batray full. ini juga pernah saya alami dengan hape saya 5320 expres music.

    Setelah saya coba ternyata ampuh dan efektif.. Cara ini saya dapatkan dari ide sendiri yang saat itu sedang pusing banget karna hape tersebut.. Sudah saya service kemana2 tetapi akhirnya nihil, alias tidak ada perubahan. dan setelah saya coba cara tersebut hasilnya sangat memuaskan... langsung saja untuk caranya seperti Ini..

    PerSiapkan langkah seperti Berikut:

    1. Letakkan Hape tersebut di teras rumah yang datar..

    2. Ke dua ambillah PALU yang sangat besar..

    3. Genggamlah dengan erat PALU dekat dengan hape tersebut..

    4. Setelah PALU dalam genggaman, angkatlah PALU tersebut Setinggi-tingginya Dengan Mengarahkannya Ke Hape tadi..

    5. Lalu Ayunkanlah Palu Tersebut ke Hape Kita yang sering hank/ restart sendiri tadi Dengan sekuat-kuatnya, Hingga Hape Tersebut Hancur Lebur..

    6. Setelah hancur lalu buanglah puing-puing hape kedalam tempat sampah, kaena dapat melukai kaki kalau terhinjak. nah mudah bukan.??? Sekian Tips dan Trick dari Saya semoga bermanfaat bagi anda semua... terimakasih hehe

    BalasHapus
  8. Anonim14.12.12

    cara diatas yg pake palu terlalu lama.
    Pake caraku yg cuma 2 langkah:
    1.pegang hp
    2.lempar ke air dan selesai,tamat,the end

    BalasHapus
  9. Gan, hape gue Nokia X2-01. Saat buka applikasi yang lumayan lama Loadingnya dan berat. Hapenya Mati,... Gue cuba tekan tombol merah, tapi tak mau hidup. Setelah satu menit gue coba hidupin mau, tapi kecepatan processor nya gan jadi lambat. Setelah kumatikan, kucopt baterainya bepuluh detik gue copot dan gue pasang, processornya jadi normal. Tapi sewaktu-wakti gan saat buka app yg berat dan lama openingnya, mati lagi gan, apa yg harus ane buat gan????

    BalasHapus
  10. Itu ada hubungannya dg memory RAM..jika memori RAM pada hp mengecil akan terjadi crash..umumnya yg sering hang adalah featured phone..krna RAM nya yg relatif kecil..klo smartphone hang mgkn krna menjalankan aplikasi yg tdk sesuai dg software yg dipake...
    Ada jg hp hang disebabkan krna virus...solusinya secara rutin hp anda di restart krna itu membebaskan memory RAM hp apa lg hp yg online secara terus menerus..dan lakukan pengecekan terhadap virus...
    Update firmware or software jg bisa..tp pengalaman sy..walaupun udh di software or firmware..tetep ja ga da gunanya...krna itu masalah hardware yg terbatas ...
    Jd jgn khawatir bila hp mengalami hang..dg catatan tidak sering..jika hangnya setiap buka aplikasi ato masuk ke menu tertentu itu baru hp anda mengalami kerusakan dan lebih baik di bawa ke service center...

    BalasHapus
  11. HTC wildfire s retart sendiri terus menerus ?...???. Ini dia jawabannya. 1. Buka batterey nya dulu lalu pasang lagi
    2. Tekan power + volume down (volume mengecil) bersamaan agak lama sampai keluar tulisan fastboot
    3. Tekan volume kebawah pilih "clear storage" dengan menekan power
    4. Akan keluar pertanyaan apakah mau dibersihkan, lalu jawab "yes" dengan menekan power
    5. Tunggu beberapa saat maka hp akan restart sendiri Dan kembali dpt digunakan seperti semula.

    Selamat mencoba ....

    BalasHapus
  12. menurut saya hp nge hang itu gara2 sering dpake terus menerus,,, sehingga hp terus bekerja,,, hrusnya minimal 3x hp dmatiin dlm 1hari... terus jka ngga dpake,,,,keluarin baterainya,,,, atau pke kode *#7780# untuk reset software dan *#7370# untuk hard reset atau mengembalikan pengaturan ke pabrikan...... cba ja,,, tp kalau punya netbook or komputer,,instal ja nokia suite atau pc suite,,, kemudiann sambungkn hp dg kabel data,,, klik perbarui perangkat... insyalah flashing dg sendirinya

    BalasHapus
  13. Hp w bru bli baru tp dah nghang aja..
    Knp y sob..
    Monggo d share..
    Tenqyu..

    BalasHapus
  14. Anonim25.3.13

    q kan mw ngeflash,, tpi tiap q sambungkan ke pc tpi di pc suite nya gc knek.. gmna yaa???

    mon dengan sangat...

    BalasHapus
  15. Anonim3.4.13

    kalo ak ni di tombol switnya kadang gak fungsi kalo di pencet bodinya seperti di tekan switnya jadi langsung mati terus kalo di pasang batrae langsung nyala sebelum di nyalakan tlong penjelasannya gan

    BalasHapus
  16. hp saya sony ericsson Xperia X10i, sering restart dan panas trus, saya coba upgrade ke gingerbread tapi masih tetep ngerestart, apa masalahya di hardware nya? soalnya pernah jatuh, mohon bantuannya

    BalasHapus
  17. Thx ya infonya..

    BalasHapus
  18. Anonim23.10.13

    Kak.
    Hp Ku X2-01 Nokia.
    Klo Di Menu Kan Ada Permainan Dibawah Banget..
    Waktu Ku Buka Permainan Itu Langsung Kerestart....
    Smpai Skarang Juga Sperti Itu...

    Mohon Info Nya
    (Masih Anak Keci Gak Pndai Rawat Hp :))

    BalasHapus
  19. hape saya HTC A810E CHACHA hapenya dipencet power menyala tapi hanya tulisan quatly briliant terus terusan , semalam saya mendengarkan music sampai ke pagi masih bisa lalu tiba2 mati dan tidak bisa menyala atau bergerak layarnya hanya itu2 saja bagaimana yah caranya mengatur layarnya agar bisa normal lagi...

    BalasHapus
  20. terimakasih tipsnya hape saya langsung menyala HTC wildfire s retart sendiri terus menerus ?...???. Ini dia jawabannya. 1. Buka batterey nya dulu lalu pasang lagi
    2. Tekan power + volume down (volume mengecil) bersamaan agak lama sampai keluar tulisan fastboot
    3. Tekan volume kebawah pilih "clear storage" dengan menekan power
    4. Akan keluar pertanyaan apakah mau dibersihkan, lalu jawab "yes" dengan menekan power
    5. Tunggu beberapa saat maka hp akan restart sendiri Dan kembali dpt digunakan seperti semula.

    Selamat mencoba ....

    BalasHapus
  21. Gan ... Ane mau upgrade nokia c3-00 tapi OS notebook ane windows 7 .-. Sedangkan software nokia bisanya di pake windows XP ? Gmnaa nih ..

    Hp ane loadingnya jdi lama klo buka apps .. Padahal Memori Ramnya masih bnyak alias baru sdikit dipakenya .-. Hp ane udh 2 kali di format ... Ane mau upgrade tapi os tak mdukung :( solusinya donggggg????

    BalasHapus
  22. permisi gan maaf numpang tanya. Saya punya nokia 5310 XM. Kalo pakai sim card indosat kok mati sendiri. Tpi klo pakai simcard xl dan axis normal. Mohon sulusinya

    BalasHapus
  23. Gan, gnhy kan Hp aq NOkia Asha305 ni, tpi knpa yakh kLw aplikasi, LiNE wechat, internet browser. Pun kLw di buka 1 menit aja. Langsung aplikasi ketutup ulang kembali ke Layar Menu utama. Keluarny sendiri.

    Boleh tau penybabny apa yakh !!
    mkziH sblumNy

    BalasHapus
  24. Hape saya lenovo a390 tetapi jika dipasang earphone dan.volume di naikan malah merestart sendiri

    BalasHapus

Mohon gunakan Browser selain UC Browser
Untuk Mendukung Blog Ini Tetap Update.
Terimakasih