Cara Mengedit Text Pada Gambar yang di Scan

Kamu mungkin ingin mengubah suatu teks pada gambar atau dokumen dari hasil scan untuk keperluan tertentu semsial membuat brosur atau flyer untuk marketing suatu produk.

Cara memanipulasi teks ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan tool atau software seperti Adobe Photoshop, Photoshop Element atau program gratis seperti GIMP. Sebagai contoh kamu ingin mengganti harga  pada brosur komputer.

Berikut Cara Mengedit Text Pada Gambar yang di Scan dengan Photoshop:
  1. Muat dokumen yang akan diedit ke komputer Anda.
  2. Mulai Photoshop atau Photoshop Elements. Klik "File" dari menu di Photoshop dan pilih "Open." Pilih "Edit" pada dialog yang muncul di Photoshop Elements. Klik "File dari menu dan pilih" Open "Pada dialog yang muncul. Browse dan buka dokumen.Pilih "Clone Stamp"  dari tools di sebelah kiri. Pergi ke pilihan alat yang muncul di bagian atas dan mengubah ukuran sikat untuk menyesuaikan ukuran huruf atau angka yang Anda ingin ganti.Tempatkan kursor mouse di dekat hurug atau nomor yang ingin Anda ganti. Tekan dan tahan "Alt" dan klik sekali dengan mouse.
  3. Tahan tombol kiri mouse dan menggunakan tool untuk membuat  huruf atau angka. Ulangi ini untuk mengganti teks lain. Klik pada tool "Text", pergi ke pilihan tool di sebelah kiri dan pilih dari preview font font yang paling cocok dengan font yang digunakan dalam teks. Ketik teks baru. Simpan pekerjaan Anda.




Cara Mengedit Text Pada Gambar yang di Scan dengan GIMP:
  1. Muat dokumen yang akan diedit ke komputer Anda.
  2. Mulai GIMP. Klik "File" dari menu dan pilih "Open." Pada dialog yang muncul, browse dan buka dokumen.
  3. Pilih "Clone" alat dari alat-alat di sebelah kiri. Pergi ke pilihan alat yang muncul di bagian kiri bawah dan mengubah skala sikat untuk menyesuaikan ukuran huruf atau angka yang Anda ingin ganti.
  4. Tempatkan kursor mouse di dekat huruf atau nomor yang ingin Anda ganti. Tekan dan tahan "Ctrl" dan klik sekali dengan mouse.
  5. Tahan tombol kiri mouse dan menggunakan alat untuk membuat huruf atau angka. Ulangi ini untuk mengganti teks lain. Klik pada tool "Type", pergi ke pilihan alat di bagian atas dan pilih dari preview font yang paling cocok dengan font yang digunakan dalam teks. Ketik teks baru. Simpan pekerjaan Anda.



5 komentar

No Spam, No Sara, No Offensif, No Promosi, No Live Link!
  1. Mana tutorial lengkapnya gan...jadi bingung membacanya

    BalasHapus
  2. g ada yang lebih spesifik gan?
    tq

    BalasHapus
  3. ga jelas sih ... kagak ngerti ane gan.. klo lebih bagus disertain gambarnya gan..

    BalasHapus
  4. makasih banget gan
    sangat membantu
    sukses trs ya

    BalasHapus
  5. GIMP itu maksidnya apa gan? Bentuk gambar atau nama softwarenya? Tlong jelasin lebih lengkap dong, ane lgi perlu bgt nih buat edit ktp explayed,.. Thx!

    BalasHapus

Mohon gunakan Browser selain UC Browser
Untuk Mendukung Blog Ini Tetap Update.
Terimakasih