Cara Repair MBR Windows 7

Suatu saat mungkin kamu mengalami kejadian Windows 7 tidak dapat booting karena salah instalasi program atau menginstall sistem operasi lain selain Windows 7.

Pada saat booting pertama kali muncul tulisan "Operating system not found.", hal ini menandakan file MBR (master boot record) tersebut telah corupt atau rusak dan kamu harus memperbaikinya.

Banyak cara dan tool yang dapat kamu lakukan untuk repair MBR Windows 7, baik melalui floppy disk, USB, maupun DVD master Windows 7. Pada postingan ini saya akan menjelaskan cara repair Window 7 melalui DVD instalasi Windows 7.

Cara Repair MBR Windows 7
Cara Repair MBR Windows 7

Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki atau repair MBR Windows 7:
  1. Masukkan DVD instalasi Windows 7  dan boot dari DVD drive. Kamu mungkin harus mengubah urutan boot melalui sistem BIOS untuk boot dari DVD kamu. Baca buku panduan setting urutan BIOS komputer kamu atau cari di internet, sesuaikan dengan merk mainboard dan pembuat BIOS, biasanya adalah AWARD dan PHOENIX.
  2. Pilih default "Language", "Time" dan "Input Keyboard" pada jendela pertama dan klik "Next."
  3. Klik pada pilihan "Repair Your Computer" untuk mendapatkan akses ke System Recovery window. Sekarang pilih "Command Prompt" untuk menjalankan utilitas Bootsect.exe. Bootsect terletak di dalam folder boot agar mengubah direktori kamu untuk boot. Sekarang jalankan "bootsect / NT60 C: \" (tanpa tanda kutip) jika kamu memiliki Windows 7 awalnya diinstal di partisi C. Atau, kamu dapat menjalankan "SYS bootsect / NT60" atau "bootsect / NT60 All" (tanpa tanda kutip) untuk memperbaiki sistem partisi atau semua partisi. Keluarkan DVD master Windows 7 dan restart komputer kamu. Komputer kamu sekarang harusnya sudah bisa boot Windows 7 lagi.

Posting Komentar

No Spam, No Sara, No Offensif, No Promosi, No Live Link!

Mohon gunakan Browser selain UC Browser
Untuk Mendukung Blog Ini Tetap Update.
Terimakasih